Memandang Palestina Ditemani John Lennon

Hari itu saya keluar kelas agak siang, sekitar jam 2-an. Tiba-tiba telinga saya disergap oleh teriakan “Mari kita bantu saudara-saudara kita di Palestina”, yang ajaibnya, diiringi lagu Imagine-nya John Lennon yang dinyanyikan live sebagai latar belakang.

Beberapa mahasiwa menengadahkan kotak-kotak sumbangan dengan mimik mengiba yang berlebihan seolah-olah biaya SKS mereka semester ini belum terbayar. Seseorang yang nampaknya pimpinan aksi tidak henti-hentinya menyuarakan bahwa tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri, termasuk di Palestina. Apa-apaan? Jadi kau kira yang di Manokwari bukan manusia?

Entah kenapa, banyak orang Indonesia yang tidak begitu Indonesia, malah lebih Arab dari orang Arab. Saat jet-jet Israel meluluhlantakkan Gaza, tidak terhitung banyaknya penduduk Indonesia yang mengecam dan melakukan aksi solidaritas dalam berbagai bentuk. Dari yang masuk akal seperti pengiriman bantuan medis hingga yang konyol seperti pengiriman milisi jihad.

Gempa di Manokwari terjadi dalam waktu yang relatif bersamaan. Penduduk Papua adalah saudara sebenar-benarnya dari kita. Ada yang peduli?

Isu Palestina menjadi bahan obrolan nasional, dari Istana hingga warung sederhana. Semburan lumpur di Porong, Sidoarjo, belum berhenti sampai sekarang. Ratusan keluarga kehilangan tempat tinggal dan ganti rugi yang pantas belum diberikan kepada mereka. Ada yang ingat?

Bangsa ini memang doyan sensasi. Hanya segelintir yang dengan benar memahami serangan Israel ke Palestina adalah kejahatan kemanusiaan. Sisanya menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang sensasional. Tidak heran, kebutuhan masyarakat akan sensasi dipenuhi oleh berbagai TV nasional, terlebih TV One yang terus-terusan me-relay­ Al-Jazeera. (TV One adalah stasiun TV yang membeli hak eksklusif siaran langsung pemakaman Amrozi Cs, apalagi yang bisa kita harapkan?).

Kiri itu seksi. Maka terjemahan Das Kapital dan literatur mengenai Tan Malaka adalah barang yang dicari-cari. Sama seperti kiri = seksi, banyak yang secara tidak sadar beranggapan bahwa Palestina itu seksi. Maka keffiyeh, bordiran logo bendera, serta kaus “Save Palestine” adalah barang buruan orang-orang yang bahkan tidak tahu apa itu Fatah dan di mana letak Tepi Barat.

Ada yang tahu mengapa Imagine selalu ikut-ikutan dalam dalam aksi-aksi mendukung Palestina akhir-akhir ini? Mereka berteriak-teriak mengenai intifada dan syuhada tapi mengumandangkan lagu tentang betapa indahnya dunia tanpa surga dan neraka. Mereka membawa-bawa nama Yang Kuasa, tapi menyanyikan syair tentang dunia tanpa agama. Somebody tell em, please!

Orang bilang Imagine adalah salah satu lagu terbaik sepanjang masa. Liriknya inspirasional. Bagi saya, Imagine cuma sekumpulan melodi monoton dengan syair celotehan pengguna LSD.

John Lennon, his crack-smokin’ ass, and his cult followers can screw themselves.

16 responses to “Memandang Palestina Ditemani John Lennon

  1. setuju banget, nge

    terlalu banyak orang-orang yang bercuap-cuap tanpa tau apa yang diomongin

  2. wow. this is a cool writing. yes gw rasa perlu di-clearkan masalah ini daripada ikut-ikutan tren. TVone emang lebay, btw. I hate it.

  3. Ya,… Karena Palestine tanahnya sebagian besar telah diserobot Israel,…
    Dan mereka selalu ditindas,…..
    Tentu saja melawan,….
    Palestina,…merupakan negara pertama mengakui kemerdekaan Indonesia,….setelah itu negara2 Arab lainnya.
    Kita wajib membantu,…tentu saja dinegeri sendiri juga tak dilupakan.

  4. @petra

    begitulah orang indoensia…

    @nabanana

    kata rekan saya yg mengutip omongan “rekan” yg laen, TV one itu mengadopsi tabloidisasi berita… huhu

    @jarot

    masalahnya, yg di dalam negeri sendiri terlupakan dan seperti tidak terlihat…padahal jelas2 ada di depan mata….

  5. well… that would be me.
    munkgin pemikiran tentang perdamaian memang tidak relevan. mungkin pemikiran dunia tanpa agama (yang notabene sering jadi pemicu perang) lahir dari otak seorang pengguna LSD.
    Now u tell me, apakah mimpi memabukkan lennon lebih jelek dari celotehan tentang geng, tentang gaya hidup, tentang penggunaan narkoba, atau mocking ur opponent claiming that u f*ck his wife is better?

  6. Kalo elu sendiri ada di barisan mana Pang? Pasukan mujahidin di Palestina atau Sukarelawan Manokwari? Kalo gw sih di kamar, nonton DVD bajakan dan menikmati kehidupan oportunis gw yang stengah kapitalis dan stengah sosialis. wakakaka…

    mengenai lennon cult follower … that would be me.
    munkgin pemikiran tentang perdamaian memang tidak relevan. mungkin pemikiran dunia tanpa agama (yang notabene sering jadi pemicu perang) lahir dari otak seorang pengguna LSD. Mungkin kehidupan tanpa surga dan neraka adalah omong kosong.

    Now u tell me, apakah mimpi memabukkan lennon tidak lebih berkualitas dari celotehan tentang hidup nge-geng, gaya hidup, seks, penggunaan narkoba, atau mocking ur opponent claiming that u f*ck his wife is better?

    Pandangan kiri itu memang seksi. Seperti Jack Trout bilang, Differentiate Or Die. Orang berlomba menunjukan kitidak kanan-nya agar tampil beda dan terlihat. Breaking The Glass, Breaking The Rule, Out of The Box, kadang itu semua membuat orang lupa harus berada dimana. Yang penting tampil beda, yang penting gaya, yang penting ada di barisan oposan. Semua mengejar eksistensi. Yang perlu diinget, jangan lupa jejeg bumi, jangan lupa diri.

    Anyway, semoga biggie dan tupac sudah mencapai kesepakatan dan saling mencintai, so they can f*ck each other ass…

  7. udah bosan sama TVOne. Tapi pembaca beritanya cakep-cakep ei:D

  8. yep. jangan nonton tivi indonesia lah sekarang ini, gak mutu..
    btw kita satu sma lagi.. si petra ngelink ini di plurk..

  9. @orangutanz

    “Now u tell me, apakah mimpi memabukkan lennon tidak lebih berkualitas dari celotehan tentang hidup nge-geng, gaya hidup, seks, penggunaan narkoba, atau mocking ur opponent claiming that u f*ck his wife is better?”

    lg ngomongin apa sih? kayanya elo terlalu didistract smMTV…hehe… makanya mulai mendengarkan talib kweli, mos def, immortal technique, ato jedi mind tricks…

  10. ih ogah…. Gw k4n aNaq MeT4L 6iTu L0ch!! 4nT1 m41n5Tr3am D0n6 accch…!!
    lagian mau habib kweli keq habib lainnya keq omongannya terlalu surgawi belum tentu gw mudeng. jedi mind trick is so last decade… sekarang jamannya matrix sama lord of the ring…

    hmmm… o-ring… nyam!

  11. iya nih gak jelas si orangutanz ngomong apaan, TS juga gak jelas ngomong apaan hehehe… yang gue ngerti cuma jedi mind tricks; yeah! hidup starwars!

  12. @babs

    jedi mind trick is a band…. huhu…

    *sedang berpikir untuk membuat band bernama millenium falcon

  13. ah lo, seenggaknya mereka gak omdo!

  14. Milenium Palkon!!
    Brilian!! Palkon warna silver metalik.
    Pasti laku tuh Pang…

    Keq band “Brisik Ngent*t”. Terus bikin lagu yang judulnya keq lagunya Lontong Sayur, “Pacarku Dient*t Orang”. Masak Baon aja ngetop sampe masup ke CD bajakan, band Palkon kagak…

    Hidup Palkon !!!

  15. millenium Palkon aja pang… jauh lebih keren

  16. hmmm..this is amusing..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s