Menzalimi Sri Mulyani, Siapa Yang Rugi?

Rumor berhembus kencang. Menteri Keuangan Sri Mulyani hendak mengundurkan diri dari kabinet. Gara-garanya adalah keputusan mencabut suspensi saham BUMI Resources, yang mayoritas sahamnya dimiliki grup Bakrie, diintervensi oleh pihak-pihak lain termasuk Presiden SBY. Disinyalir dynamic duo (SBY-JK? Tidak ada yang dinamis menyangkut SBY-JK. Saya sedang berbicara mengenai kedinamisan JK-Ical Bakrie) berada di belakang ini semua. Baunya semerbak sekali.

Bila memang jadi Sri Mulyani mengundurkan diri, ada beberapa hal yang menarik untuk dikaji.

Pertama, fenomena “menzalimi” anak buah muncul kembali. Biasanya korban kezaliman akan mampu menarik simpati masyarakat. Orang banyak akan memandangnya sebagai pahlawan yang menjadi korban kesewenang-wenangan pemerintah.

Presiden SBY seperti lupa bahwa namanya sendiri terkatrol akibat “dizalimi” pada masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri. Walhasil pada pemilu 2004 ia keluar sebagai pemenang. Megawati sendiri juga merupakan korban kezaliman. Partainya berhasil memenangkan pemilu 1999, tapi dijegal dalam perjalanan menuju kursi RI-1 sewaktu sidang MPR. Masyarakat pun menaruh simpati pada Mega saat ia menjadi Wakil Presidennya Gus Dur.

Jadi bila SBY meluluskan permohonan pengunduran diri Menkeu Sri Mulyani, jelas SBY tidak belajar dari masa lalu. Gantinya menyenangkan Bakrie, ia malah menciptakan musuh baru yang potensial akan menggembosinya di masa mendatang. Apalagi pemilu sudah dekat. Tidaklah bijak bagi SBY bertindak demikian.

Kedua, semua orang sedang menyanjung Sri Mulyani. Dirinya memenangkan 2 penghargaan, Asian Finance of The Year dari Emerging Market Asia dan Finance Minister of The Year and Minister Contribution To Finance Award  2008. Puji-pujian makin mengalir deras saat dirinya mengambil sisi yang berseberangan dengan presiden serta mayoritas kabinet terkait BUMI Resources. Terlebih Ical Bakrie terkesan ingin menyingkirkannya.

Tapi sekali lagi, sama seperti tulisan saya beberapa bulan lalu mengenai Rizal Ramli, saya tidak lupa. Sri Mulyani yang sekarang seperti “tidak cocok” dengan Ical Bakrie dan bersinar terang benderang adalah orang yang sama dengan Sri Mulyani yang dahulu bergandeng tangan berjabat erat dengan IMF dan World Bank. Saya tidak menentang apa yang dilalukan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan RI sekarang ini, saya berada di belakangnya. Lepas daripada itu, biarlah masyarakat Indonesia tidak memiliki short-term memory dan cepat lupa akan masa lalu.

Saya ingin memodifikasi sedikit paragraf terakhir di tulisan terdahulu:

Sekali lagi dapat dilihat bahwa orang Indonesia begitu permisif dan pelupa. Mengingat begitu banyak orang yang memandang Orde Baru sebagai pahlawan padahal pada masa 32 tahun mereka menggerogoti fondasi negeri ini, tidak heran orang lupa pada Rizal Ramli Sri Mulyani yang cuma 7-8 tahun lalu.

ps: Konon Sri Mulyani merupakan salah satu tokoh favoritnya Murakamitri. Semoga ia tidak mencak-mencak akibat tulisan ini.

10 responses to “Menzalimi Sri Mulyani, Siapa Yang Rugi?

  1. hahaha, gw percaya kenapa bumi resources dianakemaskan adalah
    karena bisa jadi banyak pejabat negara yang pada awal sepakat
    kong kalikong nanem saham disitu banyak-banyak.

    makanya pas kegulung nilainya, pada jerit2 dan bikin opini klo bumi
    itu tanggung jawab pemerintah ynag harus dibantu, ditahan kejatuhan sahamnya
    dengan tidak memasukkan diri ke pasar modal…

    sri mulyani ngeliat dia dicampur tangani hak dia sebagai menteri dan kepercayaan
    yang banyak orang udah tanamkan ke dia bisa hancur gara-gara
    intervensi pejabat-pejabat yang khawatir sama duit mereka yang raib
    gila loh, bayangin, masa petinggi2 negara pilih kasih terang-terangan…

    ah, biarpun gw rugi juga berjuta2 di saham BUMI dan bingung mau
    diapain itu skrg ga bisa dijual, gw tetep membela kebenaran!

    REKSADANA SAHAM AYO NAIK!!!!

  2. Gw sebenernya kurang ngerti sama gunjang-ganjing ekonomi di Indonesia skrg ini, tapi baca tulisan lo udah sedikit membuka mata gw ttg apa yg terjadi . . .

    gw tunggu tulisan-tulisan berikutnya

  3. @adiyoso

    terimakasih atas kunjungannya…. sering2 ya pak….

    @serenada iblis

    tampang kaya elo maen saham? berantem dulu sono gih sm anak cakwe….

  4. saham dong, kan ane “anarkis” poser yang beralih
    mendukung makro ekonomi permodalan setelah sadar
    ternyata bokap nyokap gw pemodal besar huyahahahaha

    hooo anak kangkung aer?
    hahaha, mau berantem apa ni?
    lirik?
    beat?
    fisik?
    wawasan?
    hahahaha…

    kasian gw sama dia…
    kayaknya umur hidupnya yang lebih tua dari kita diabisin sia2 yah…
    ck ck ck ck ck…

  5. loh emangnya mutusin mau mundur ya tante sri mulyani? wah,baru tau saya.
    btw duet jk-ical? itu pasangan presiden 2009 juga ya? heheheh.

  6. minggu lalu dia ngancem mundur om…. tp ga dikasih SBY….. ya iyalah…SBY mana mau ngelepas salah satu dari sedikit menterinya yg bener2 kompeten di bidangnya….

    JK-ical for 2009? saya akan mencari suaka politik klo sampe kejadian….

  7. sekedar menambahkan, jangan lupa simpati kepada Delon Idol ketika dizholimi teman juri Indonesian Idol. Terus kemenangan Ferry di AFI dengan backgroundnya yang nelangsa.

    Kalau dipikir koq hina amat ya anak metal kayak gw ngikutin talent contest dan masih apal sama gosip2nya. semacem serenade iblis ternyata. poser…

  8. elizabeth P.Utomo

    Kalau di Kabinet kita punya 3 orang aja kaya Sri Mulyani kayaknya beban krisis ini akan lebih mudah diatasi. Biasanya orang yang tidak punya kepentingan akan berjuang untuk rakyat sih. Kasihan juga ibu Sri betul-betul dikroyok sih. ya kalau krisis ekonomi gampang diatasi tapi kalau dicampur dengan krisis moral yang menghadapinya harus kuat mental.

  9. mudah2an ibu sri mulyani jadi menteri lagi di kabnet presiden (siapapun presidennya) 2009 nanti. negri ini krisis orang2 independen. kebanyakan politisi tukang kibul, ngga punya integritas. mikirnya duit molo. ibu sri mulyani ini lain. integritas moral, akademis, dan independensinya bagus. gw sepakat ama elizabeth p. utomo itu. kalo presiden indonesia 2009-14 itu bagus, pasti ibu kita ini bakal masuk kabinet.

  10. sri mulyani waktu kuliah di luar demen nyontek, IP nya standar.. kata tante gw sih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s