Preseden Para Calon Presiden

Tahun 2009 adalah tahun ganjil yang berarti tahun yang membosankan karena di pertengahan tahun tidak ada event sepakbola akbar seperti Piala Dunia ataupun Piala Eropa. Tapi tahun 2009, bangsa ini akan mengadakan pemilihan untuk mengangkat pemimpin mereka yang baru.

Gaung 2009 sesungguhnya sudah terdengar sejak awal tahun ini. Berbagai nama mengapung di permukaan. Nama-nama yang “elo lagi elo lagi” seperti Megawati, Amien Rais, Gus Dur, Wiranto, Prabowo Subianto, bahkan SBY tetap digadang-gadang sebagai calon presiden. Apakah kita belum cukup bosan dengan mereka?

Lalu tengoklah nama-nama baru yang masih malu-malu kucing untuk mengakui mereka mengidamkan kursi RI-1 tapi tindak-tanduknya menyiratkan demikian seperti Soetrisno Bachir, Rizal Malarangeng, atau juga jagoan PKS seperti Hidayat Nur Wahid. Walau relatif masih baru dan belum melekat di benak sebagian besar rakyat Indonesia, jikalau mereka benar-benar mencalonkan diri sebagai presiden nantinya, ini kan menghembuskan angin segar pembaharuan.

Selain nama-nama di atas yang bisa diperhitungkan, muncul juga nama-nama yang saya rasa cukup menggelitik untuk dikomentari seperti Kivlan Zen. Purnawirawan TNI ini mencalonkan diri sebagai calon presiden dari sebuah partai politik yang dimotorinya (saya lupa nama partainya). Bukannya merendahkan haknya untuk ikut berlomba dalam pemilu (setiap orang memiliki hak yang sama), tetapi who are you? Nama-nama yang tidak akrab di telinga masyarakat bahkan tidak memiliki peluang untuk mempunyai harapan.

Saya tidak tahu apakah nama Siti Hardiyanti Rukmana akan diusung lagi oleh PKPB sebagai calon presiden pada tahun depan. Menggelitik. Romantisme masa lalu yang terus diungkit-ungkit oleh barisan has been.

Nama Sri Sultan HB X setiap pemilu pasca 1999 selalu muncul sebagai kandidat capres. Saya sejujurnya sangsi dengan beliau ini. Memang, ia adalah Sultan Jogja yang konon katanya dicintai rakyatnya. Tapi apakah ia juga dicintai jutaan penduduk Indonesia? Sorry to say, tapi saya pikir ia over-rated.

Bekas Gubernur DKI Sutiyoso juga didengung-dengungkan akan ikut berpartisipasi dalam pilpres. Menilik umur dan track record, ia tidak bisa digolongkan sebagai pemain baru. Tetapi akan menjadi sesuatu yang lain bila ikut mencalonkan diri karena ia belum pernah bermain pada skala nasional sebelumnya. Bila ia menemukan kendaraan politik yang kuat, namanya bisa diperhitungkan. Tapi, meninjau kinerjanya sewaktu menjabat gubernur DKI, apakah rakyat Indonesia rela dipimpin lagi oleh pensiunan jenderal bertangan besi yang cuek terhadap keluhan masyarakatnya?

Lalu, siapa yang kau dukung wahai Pangeran yang tukang kritik?

Dengan jelas saya utarakan saya berada di belakang Fadjroel Rachman. Pilihan yang naïf mengingat ia tidak berasal dari partai politik sedang wacana calon perseorangan belum digolkan oleh Mahkamah Konstitusi. Apalagi orang-orang idealis macam Fadjroel biasanya akan dijauhi oleh mereka-mereka yang merasa kemapanannya terancam.

Tetapi, nurani saya mengatakan demikian. Lagipula hanya ia yang secara gamblang menyuarakan nasionalisasi semua perusahaan energi asing.

Saya bermimpi bung Fajdroel menjadi presiden dan wapresnya adalah Ichsanuddin Noorsy atau Kwik Kian Gie.

(Oh, bangunkan saya dari mimpi!!!)

17 responses to “Preseden Para Calon Presiden

  1. fadjroel? bekas aktivis kampus lo tuh…..

  2. Shinte Galeshka

    Setuju sih, cuma kayaknya berat deh. Like you’ve said terlalu banyak pihak yang terancam kemapanannya sama mas Fajroel ini, so i don’t think he’ll get the necessary political suport in the upcoming election.
    Saya lebih cenderung orang-orang yang punya pikiran progresif spt Fajroel, Kwik, dll mambangun koalisi progresif dulu aja, emang long term jadinya tapi kalo dari sekarang dimulai 2014 mungkin sudah bisa maju jadi capres.

  3. itu usulan menarik… mengumpulkan orang-orang progresif dalam 1 wadah pasti akan menjadi lebih optimal…

    jangankan menang pemilu, ikut pemilu saja belum tentu si fadjroel… dia bilang klo calon perseorang ga disahkan MK, maka dia akan cari dukungan koalisi partai kecil…

    well, gue ga dukung dia karena dia akan menang…. tapi karena memang dia yg paling oke di mata gue…. kecuali ada orang laen yg brani akan nasionalisasi semua tambang energi, menggantung koruptor, dan menyelesaikan masalah HAM….

  4. Setelah 1 dekakde reformasi yang kurang ada hasil dan koalisi kekuatan-kekuatan permisif dan not so responsive dengan kondisi carut marut di “republik” ini, kayaknya terlalu cepat berharap ada perubahan mas. Apalagi berharap ada “nasionalisasi semua tambang energi, menggantung koruptor, dan menyelesaikan masalah HAM….”
    Revolusi akan terlalu banyak memakan korban, bahkan beberapa aktifis 98 yang saya tau sekarang sudah ikut mengais peruntungan untuk mencari keselamatan diri. Overall, pemilu 09 kayaknya ga akan jauh berbeda hasilnya dengan pemilu lokal di JaTim. Golput yang menang.

    Hmmm… kayaknya saya akan ikut partai dan capres golput. Tidak menjanjikan apa-apa & tidak akan ada hasil apa-apa. Ga ada bedanya dengan partai-partai dan capres-capres yang ada toh. Bedanya saya ga akan merasa dibohongi dan dibodohi hehe…

  5. @orangutanz

    namanya juga berharap mas, cuma itu yg bisa dilakukan, hihi.

  6. Seandainya ada seseorang di Indonesia yang punya karakter seperti Steve Jobs, saya pasti ga bakalan golput. We need a competent tyranny, decisive, creative, and bold enough to stand high among other countries

  7. kalo kamu bisa bikin orang2 yang beriman tapi tak berilmu itu jadi berilmu saya rasa baru bisa lalu kita sama2 singkirkan yang penuh iman tapi nihikl ilmu berkumpul dalan kelompok2 besar…

    klo tidak ya kamu bikin orang2 yang tak beriman dan tak berilmu tjadi berilmu, baru bisa…
    hiks

  8. KA PANGE I LOVE YOUU! YES YES YES YESSS FINALLY SOME JUSTICEEE!!!

    I LOVE FADJROEL RACHMAN!!! OH COME ON!!! DIA ITU MAMPUS KEREN ABISSSS!! udh jaman dari dia bakar ban bekas di kampus ITB tercintah pas Rudini dateng kunjungan (dan dia di DO gara2 itu, ampe dicari2 ama pembantu rektor hahaha), kooridnir aksi demo bawah tanah, MANGTAB!!

    eh ka, lo nonton gak dia diwawancara trans tv dulu jaman eyang harto meninggal? ngomongnya si fadjroel tajam dan blunt dan straightforward dan sharp sekaleee.. beda sama pejabat2 monggo2 di republik ini!!! gilak, gue udah lama sangat mengidolakan fadjroel rachman.

    ka pange thengsss banget udah bikin artikel ini. yaay fadjroel ayoo dukung diaaaa! visi misi jelass, otak ada, mari singkirkan generasi tua tukang korup ituuu!!! SBY JK mundur!! mega dkk udah bikin vocal group aja we’re fcuking boooreeed to see y’all up there!!!!

    AYO GENERASI MUDA BANGKITLAHHHHH!!!

    hahah ka pange, ever thought someday ikut turun ke kancah politik? di tunggu lho kabarnya ^^

    regards always,
    Lya

  9. Tetapi, nurani saya mengatakan demikian. Lagipula hanya ia yang secara gamblang menyuarakan nasionalisasi semua perusahaan energi asing.

    Fadjroel Rachman ya?

    Ya. Setahu saya ia memang satu diantara sedikit orang yang mau bicara hal sensitif seperti nasionalisasi perusahaan energi asing. Sesuatu yang konon dianggap utopia atau communist-alike oleh barisan para skeptik negeri ini.

    Saya juga mendukungnya dengan orang kedua adalah Kwik Kian Gie. Tapi dua orang ini memang punya kelemahan masing-masing. Fadjroel, tidak terlalu familiar bagi rakyat Indonesia. Ya… katakan saja di daerah saya sendiri, Aceh ini. Mungkin lebih akrab dengan Kwik Kian Gie masyarakat kita ini.

    Kwik, juga sukar untuk maju karena… well… saya tidak suka dengan SARA, tapi anda tahu sendiri kapabilitas rakyat pribumi untuk menerima wajah WNI keturunan? Tragedi Mei 98 masih layak dijadikan cermin bahwa mereka sering keturunan Tionghoa sering didiskreditkan dan dipersalahkan kalau ada yang rusak di negara ini.

    Selain dari itu… tentu saja dana dan dukungan partai. Suka tidak suka, gerombolan geng yang dilabel dengan kata PARTAI itu, memiliki andil mengangkat dan menjatuhkan siapa saja, bukan?

    Mudah-mudahan bisa majulah wajah-wajah segar itu. Sudah muak saya dengan pemain lama yang sudah pantes ingat kuburan itu:mrgreen:

    Betewe, salam kenal. Analisa yang bagus🙂

  10. wuih… tajam lugas dan terpercaya dari pak iblis…

  11. @lya

    gue baru inget elo suka fadjroel….. dulu di postingan gue yg jebot”, elo udah nyinggung” soal dia….hehe

    lagi-lagi gue bilang…peluangnya dia itu kecil bgt buat menang….tapi, ya masa kita ikutan menggembalakan Banteng Moncong Putih yang tiduran di bawah Pohon Beringin sambil menatap Bintang Kejora yang sebentar lagi redup….

    @Alex

    kwik udah ketauan kredibel dan ga cuma berwacana…..pas dia jadi menteri, digencet sana sini, termasuk dari partainya sendiri….. ck ck ck….

    jarang” ada orang keturunan tionghoa yang nasionalis dan berkiprah di level politik nasional dan ekonomi makro….

    @orangutanz

    hati-hati sm si iblis….. dia suka beastiality…. kadang” sm bangsa primata juga….

  12. Shinte Galeshka

    Yang disayangkan koalisi progresif ini sampe sekarang masih terpecah gitu. kayak ratna sarumpaet, kemaren nonton di metro today’s dialogue sebenernya masih gak sreg yah kalo ngeliat kemampuan pemahaman beliau terhadap masalah yang dihadapi bangsa saat ini, tapi ya keberaniannya buat maju sih perlu dihargai.
    Buat saya kalo untuk sekarang sih ya itu agendanya adalah pembentukan koalisi pemikiran progresif tapi bukan buat pemilu sekarang. Targetnya adalah 2014. Gila aja deh kalo 2014 nanti yang maju masih muka-muka kayak wiranto & mega dkk.
    Untuk pemilu sekarang kayaknya masih golput kecuali by some miracle fajroel atau ratna bisa jadi capres resmi. walaupun kalo suru milih diantara keduanya ya saya pilih fajroel he.. he.. diluar itu saya belum liat ada yang lain yang minat, malah kalo gak ada keduanya saya harap yang terpilih yang paling jelek sekalian biar rakyat bisa lihat bahwa kita memang perlu perubahan yang drastis sehingga kans buat perubahan itu lebih besar di 2014

  13. hahha. iya, bener tuh.. malaas.. apalagi denger iklan gak mutuny arizal malaranggeng. di indonesia itu, ndak kenal strategi PR kali yah. bodoh benerr. kalo gua sih, i wont buy kampanye dari seorang calon nyang diiklan ‘if der iz e wil, de iz e wei”nya itu majang poto dia lagi liburan diluar negri ama anak istri. hih.
    aduuuh… pemimpin muda bangkitlahh…

  14. semoga bukan sekedar euphoria barrack obama…

  15. k pange, itu yang enyahkn budaya korupsi itu, keknya postingan udah lama, tahun lalu gue udah baca. kayaknya sih. gila benerr ya, orang2 ky arif itu emang langka.
    yaelah ga usah jauh2 sodara2 gua aja banyak yang pencuri uang negara, tapi kayanyaaa bukan main. hahaha… jangan iri dengan kemujuran orang fasik.. harta ga dibawa mati sih.. kalo bisa dibawa mati mah udah gue kumpulin dari kemaren2….

  16. IMHO, nasionalisasi tidak akan menyelesaikan masalah, tetapi hanya akan menambah masalah.
    karena itu apabila dianalogikan akan sama saja dengan kita “mencuri” milik orang lain.
    hasil dari nasionalisasi tidak seberapa besar (malah mungkin ga akan untung karena bakalan hilang di tengah jalan masuk ke kantong koruptor), tapi masalah yg akan ditimbulkannya akan sangat merugikan Indonesia, terutama di mata Internasional, pasti tingkat kepercayaan Internasional terhadap Indonesia akan langsung turun sampai minus.
    nama Indonesia sudah jelek di dunia internasional, kok sekarang malah banyak yg ingin memperburuk nama Indonesia dengan mengajukan usul2 aneh kaya gini.]😦

Leave a Reply

