Hikayat Tangan Kiri

Orang Indonesia yang katanya Berketuhanan Yang Maha Esa itu memang suka sekali melangkahi wewenang Tuhan. Bahkan menistakan ciptaan-Nya.

Tidak saya tidak sedang membahas pemaksaan agama tertentu. Saya sedang membahas mengenai tradisi konyol orang Indonesia yang menistakan tangan kiri.

Sewaktu SD, bila guru IPS memberikan pertanyaan, saya yang gemar pamer wawasan ini sering sekali mengajukan diri untuk menjawab dengan mengacungkan jari. Tapi guru saya tersebut acap kali mengacuhkan saya karena saya mengangkat tangan kiri. Sang guru menyuruh saya untuk ganti mengangkat tangan kanan dahulu baru saya diberikan kesempatan menjawab. Apa-apaan?

Di Padang, angkot tidak menepi mengangkut anda bila anda memanggil dengan tangan kiri. Harus tangan kanan. Saya belum pernah melihat kejadiannya. Tapi saya rasa akan kaku sekali mengingat arah kendaraan datang berlawanan dengan pandangan mata anda. Untuk memanggil angkot dengan tangan kanan saya pikir sama kakunya dengan berjalan kaki kiri melangkah seiring ayunan tangan kiri ke depan.

Sejak kecil, anak-anak diajar untuk menyalam dengan tangan kanan. Untuk makan harus dengan tangan kanan. Mengacung jari di kelas harus dengan tangan kanan. Tangan kiri dicap haram untuk digunakan. Bahkan yang paling konyol pernah saya dengar adalah untuk melambai tangan selamat tinggal harus memakai tangan kanan.

Apa yang salah dengan tangan kiri? Pemahaman umum mengatakan bahwa tangan kiri dipakai untuk cebok, oleh sebab itu tidak sopan untuk digunakan. Sebagian lain mengatakan itu adalah tradisi turun-temurun rakyat Indonesia tanpa musabab yang jelas. “Udahlah Pang, terima aja.”, begitu kata teman-teman saya. Saya menolak.

Bila menggunakan tangan kiri untuk berinteraksi, terlebih kepada orang yang lebih tua, maka akan dituding tidak sopan.

Saya katakan, orang yang mengatakan tidak sopan untuk menggunakan tangan kiri sebenarnya lebih tidak sopan kepada Tuhan Sang Pencipta.

Sejak kapan Yang Maha Kuasa menciptakan tangan kiri lebih hina dari tangan kanan?

8 responses to “Hikayat Tangan Kiri

  1. tau tuh. gue juga heran. dari dulu gue sangat ga peduli (karena dari keluarga juga bodo amat). tapi yah untuk orang2 yang gue tau akal berisik, gue udah siap senjata di tangan kanan aja. bayangin aja orang yang make tangan kanan cuma gara2 kebiasaan dari bocah, tapi kelakuannya ngaco. ga meaning kan? makanya, jangan memandang orang dengan sebelah tangan. haha.

  2. ah gw sih mensucikan tangan kanan soalnya tangan kanan
    yang membantu saya memecahkan masalah ketika tidak
    memiliki perempuan pendamping,

    tapi agaknya tangan kanan pangeran lebih berotot
    dibandingkan tangan kirinya hahahaha

    jadi pangeran, klo lo ditanya klo cebok pake tangan apa?
    bilang “saya cebok pake semprotan, ini jaman modern… oh my godd…”

    huyahahahaha

  3. @serenada iblis: hahuahuahaua =))

  4. Subjektif.. Seperti kata pepatah, “Dimana langit dijunjung, di situ bumi dipijak”. Menurut gw, kultur lingkungan yang membentuk paradigma tangan kanan lebih tinggi derajatnya. Asumsi gw, ini semua karena orang bertangan kidal adalah kaum minoritas.

    Agak setuju sama “serenada iblis” (hehe.. gokil lu), kalo lain kali ditegur karena menyetop angkot atau mengacungkan tangan dgn tangan kiri, jawab aja “Saya bertangan kidal!”.

  5. jadi kembali memarjinalkan minoritas kan?

    o iya, gue juga right-handed, ga kidal…

  6. kultur…. itu doang akar permasalahanne. adekku bocah sing paling cilik juga left handed, waktu TK dipaksa gurunya nulis pake tangan kanan. goblog banget tuh gurru! FYI, adek gua itu kalo cebok pake tangan kanan. hahah… gimana doms? yahh nasip aja yang disalam ama dia abis dia boker :p

    orang indonesia memang aneh.. tangan kiri diributin tapi tangan jahil mencuri uang negara dilupa-lupain.

  7. Perasaan ada haditsnya kalo kita harus mengutamakan tangan kanan. Lagian ini kan masalah kultur, wajar lah. Contohnya klo di Indonesia makan terlalu lahap sampe nasi nempel di pipi, mulut bunyi, n berantakan dianggap ga sopan, tapi kalo di Jepang itu malah nunjukkin rasa hormat kpd yg buat. Bahkan di negara mana tau gw lupa ada orang salam dgn cara nunjukin pantat.

  8. kultur orang indonesia itu korupsi….. mau ikutan korupsi juga? hue

Leave a Reply

