Unsecured Parking

Semua orang tahu, perparkiran menjadi sebuah komoditas ekonomi yang menggiurkan. Dari mulai pinggiran Jatinegara yang semrawut sampai parkiran mewah di Senayan City, lahan parkir menjadi sumber pemasukan yang besar.

Terlebih pada segmen parkir di bangunan-bangunan mewah di mana anda akan melihat nama-nama seperti “Secure Parking” setiap kali anda hendak mengambil tiket. Dua ribu rupiah untuk setiap jam anda “menitipkan” mobil anda dan bayangkan saja ada berapa banyak mobil yang terparkir sekian lama setiap harinya. Kelebihan 3 menit pun tidak ditolerir sehingga anda wajib membayar biaya untuk 1 jam. Agak mengesalkan.

Tetapi ada hal lain yang lebih mengesalkan, yaitu disclaimer setiap pengelola lahan parkir yang tertulis di balik tiket yang mengatakan bahwa pihak pengelola tidak bertanggung jawab atas kehilangan dari pemilik kendaraan. Bagaimana bisa ada klausul tolol seperti itu? Apa gunanya kita membayar parkir, menitipkan kendaraan kita di sana, dan pihak pengelola tidak bertanggung jawab atas pencurian yang terjadi pada areal parkir? Ironis dan miris mengingat bisa saja pengelola parkir tersebut bernama “Secure Parking“.

Apanya yang secure, pak?

Saya rasa harus diadakan class action dari masyarakat untuk menggugat klausul pengelola parkir yang seenaknya ini.

3 responses to “Unsecured Parking

  1. SENGTUJUUUU! (karena bocah mall nih) hahaha… paling ngeselin kalo cuma kelebihan lima menit gitu diitung satu jam. oohhh betapa betapa kejamnya hidup di jakarta. class action gimana ka…lha wong pastinya pengusaha2 hitam itu adalah majikan2 dari pejabat2 kita lahhh

  2. btw judulnya lebih tepat “unsecure” atau “insecure” .. ? just wondering …

  3. Sudah ada Yurisprudensi Mahkamah Agung mengenai Klausula Baku tersebut, Pengelola Parkir tetap harus bertanggung jawab apabila ada kehilangan kendaraan di areal wilayahnya. Yang Pasti, Konsumen adalah Raja yang harus dilindungi hak-hak nya. semoga membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s