Interview With Mobba

Pengantar: Bagi anda yang tidak mengikuti local hiphop scene (esp. jakarta), mungkin anda tidak mengenal sosok Mobba, sang fenomena hiphopindo atas segala tingkah lakunya.

Sekilas tentangnya, Mobba adalah seorang pemilik distro hiphop di kawasan Lenteng Agung, tersohor karena sering mempromosikan distronya tanpa memandang tempat dan waktu. Ia menjadi bahan pembicaraan karena tiba-tiba mengklaim dirinya sebagai anggota Bloodz (silakan googling untuk mengetahui apa itu Bloodz). Belum lama berselang, ia merubah haluan menjadi lebih religius dan mengubah nama tokonya menjadi Badar Hiphop Shop. Ia menegaskan bahwa filosofinya sekarang adalah Badar Hiphop Muslim Militan.

Artikel ini memuat interview dengan saudara Mobba yang dilakukan via email. Mobba bersedia untuk dipublikasikan. Untuk mengetahui sepak terjang mobba, silakan menengok http://hiphopindo.yuku.com. Jawaban Mobba sama sekali tidak diedit.

1.dari kapan anda suka hip hop?
jawab: dari tahun 1993 mulai masuk scenen hip hop dari 1988 breaker cilik dari kelas 4/5 sd.

2.Apa lagu hiphop pertama yang anda dengar?
jawab: ehm lupa gue,banyak yang gue denger naughty by nature,cypress hill,public enemy,run dmc,vanila ice,ice cube,……..ehm lupa gue pertama denger yang paling gue suka hip hop hooray naughty by nature.

3.Siapa artis hiphop favorit anda (dalam dan luar negeri) dan seberapa besar pengaruh mereka terhadap anda?
jawab: lokal kebetulan ga ada tuh,luar negeri ICE CUBE dengan pengerakan lewat perfilman.akhir2 ini merubah fokus selain negro.JEDI MIND TRICKS

4.Anda dikenal sebagai pemilik distro hiphop dan rajin mempromosikannya di segala tempat dan acara dengan berbagai cara, apa visi dan misi anda dalam bisnis ini?
jawab: VISI setiap rappers punya ciri berpakain masing2,yang gue inginkan setiap rapper berpenampilan hip hop kultur tidak mencampurkan genre lain dari sisi ciri fashion.MISI hip hop lokal dengan menampakan ciri berpakaian hip hop beberapa ciri,BLINK2,CAP NEW ERA,GOMBRONG,N CLOTHING HIP HOP.menyeluruh tanpa ada celaan sesama rappers.

5.Sering kali anda berpromosi di sembarang topic di forum HHI, hal ini menyebabkan banyak orang yang terganggu, komentar anda?
jawab: itu wajar sebagai pandangan orang2,perihal hidup seseorang punya aturan dalam sosialisasi.karena strategi pedagang mungkin beberapa ada promosi yang ga masuk dalam situasinya kebetulan kurang suka pakaian hip hop.

6.Apakah anda tidak berpikir untuk membuat clothing line hiphop lokal?
jawab: yup benar tidak dalam waktu dekat ini,karena saya membangun trends baru dalam dunia fashion.sesuaikan pasar yang ada.

7.Seberapa jauh anda mengenalkan hiphop kepada masyarakat awam?
jawab: beberapa anak didik kami mulai berkarya,mereka masi sekolah SMA.ehm saya memberi penyuluhan dan bimbingan dalam berkarya.dan memperingat supaya tidak berbaur sesama rappers lokal terkecuali sesama clan atau family.saya peringatkan supaya tidak ada fitnah n menjatuhkan ANAK DIDIK KAMI,yang sedang dalam proses percarian karakter dalam berkarya.itu lebih baik daripada berbaur jadi banyak masalah mungkin perilaku2 sesama rapper lokal yang suka menjatuhkan.

8.Hiphop dan fashion, seberapa jauh korelasinya menurut anda?
jawab: korelasi?maaf kurang ngerti menurut saya hubungan fashion dan hip hop ga bisa di pisahkan.karena ciri ideal tuk menampakan penampilan yang membuat menarik masyarkat luas terkadang membuat takjub.
mungkin dengan masyarkat bisa menyukai dari sisi penampilan.dalam bermusic tergantung masing2.

9.Anda mengklaim sebagai anggota Bloodz, sesuatu yang cukup “aneh” bagi saya dan kebanyakan orang. Anda dituding latah dan ikut-ikutan, terlebih karena salah satu member forum HHI ini juga mengklaim sebagai anggota Bloodz. Bagaimana anda menyikapinya?
jawab: masa lalu BLOODZ perngertian kami adalah LOYALITAS saudara sedarah artinya BLOODZ.orang umum memahamkan lain dari pengertian kami dari sisi brand luar.menurut kami BLOODZ kekompakan bersama dalam suatu kelompok.pandangan saya sesama rappers terkadang saling menjatuhkan menjelek2an sesamanya karena ini saya memakai label BLOODZ supaya ada kertekaitan walaupun ada jarak.dan kami meninggalkan label BLOODZ.adapuna yang ngaku member BLOODZ kami angkat tangan.

10.Anda tiba menjadi lebih religius (terlihat dari postingan anda di forum), merubah nama anda menjadi Abu Khalid, merubah nama toko anda jawab: menjadi Badar Hiphop Shop dan mengambil tema Badar Hiphop Muslim Militan, ada apa sebenarnya? Apa yg anda rasakan?
ehm kami mengubah tuk perbaikan.akhir2 ini memang kondisi ekonomi indonesia terpuruk.kami mengubah tema tuk tidak menampakkan glomour di hadapan masyarakat luas..lebih mengarahkan perbaikan perilaku n semangat mencari nafkah.adapun abu khalid itu nama yang sudah lama sata pakai.BADAR label dari kami tuh merubah MOBBA sekuler kearah islami.muslim militan MILITANSI memang terkadang di indetikan dengan JIHAD kami mengubah buka karena bisnis memang di kwatirkan pihak2 non muslim memandang lain.kami mengartikan MILITAN tentara melawan hawa nafsu dengan berpakaian LORENG2.

11. Definisikan kata-kata berikut:
Hiphopindo: forum terbuka tuk menyuarakan pendapat atau opini
Bloodz : SAUDARA SEDARAH
Gangsta :KERASNYA KEHIDUPAN
Homicide : KOMUNIS
John Doe : PENDIRI WEB HIP HOP LOKAL
Fruity Loops :SOFTWARE BEAT
MPC :HARDWARE BEAT
Iwa K : RAPPERS TERTUA
Jakarta : FIRST BISNIS
Batam : LAHAN PERGERAKAN HIP HOP
Jovee :KOCAK
Mobba :NAME GIMMICK

12. Pesan-pesan untuk orang yg tidak suka kepada anda?
adapun semuan gue lakukan di forum itu hanya trik melihat perilaku2 sesama rappers,jadikan sumber anak didik kami tuk berhati hati bersosilisasi………………..kami bergerak tanpa KALIAN.
nama saya firman hidayat SILALAHI.

4 responses to “Interview With Mobba

  1. bismillah,asalamualaikum.

    eh busyet dah kok jadi begini,………….ngumpet.

  2. bacah juga yach di http://bocoralus.wordpress.com ttg si eric mobba alias firman hidayat neh… ditunggu…

  3. bro sebaiknya ini artikel di hapus aje sob…..ga ada mamfaatnye………

    kalo ente ga hapus…….tuh blog bocoralus.wordpress.com………..bearti lo bedua ma IRFAN yang buat tuh blog bocoralus.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s