Aspanu Pisciotta

Sebelum anda bertanya kenapa gue make nama Pisciotta untuk address blog gue, jawabannya akan gue sodorkan duluan.

Suka baca novel-novel mafioso?Klo suka, pasti tau nama Mario Puzo? Klo tau, pasti suka baca novel dia The Godfather? Klo suka, paling nggak pernah baca The Sicilian? Klo pernah, pasti tau protagonis utama di novel itu adalah pemuda Sisilia bernama Salvatore “Turi” Guilliano? Klo tau, pasti ngeh teman akrab si Turi ini bernama Gaspare “Aspanu” Pisciotta. Bukan, bukan, bukan panu, tapi Aspanu.

Pisciotta adalah karib Turi. Hampir-hampir seperti soulmate. Mereka selalu berdua, pemuda-pemuda Sisilia yang miskin, selalu seiya sekata dalam pemikiran dan tindakan, termasuk dalam aksi-aksi merampok bangsawan dan membunuhi carabinieri, polisi Italia yang odong-odong itu. Novel yang menarik bagi mereka yang menyukai aksi-aksi perampokan berkelas dan penyergapan kelas tinggi seperti gue. (Kadang gue pikir mungkin gue bisa mulai karir di dunia tersebut suatu hari nanti).

Tapi yang namanya novel harus berakhir karena mungkin signor Puzo udah capek nulisnya. Klo Aspanu dan Turi selalu seiya dan sejalan, maka novel akan sulit ditamatkan. Kalaupun diselesaikan, paling-paling endingnya semua orang senang dan live happily ever after seperti novel-novel teenlit kelas  bulu. Oleh sebab itu, dibuatlah Aspanu kali ini melenceng dari ikatan persahabatannya dengan Turi, dan dia membelot kepada Don Croce Malo yang menyebabkan terbunuhnya Turi Guilliano, sang pahlawan Sisilia.

Tidak tidak, gue bukan pengen berkhianat. Gue juga tidak pengen membunuh siapa-siapa. Alasan utama gue memakai kata pisciotta karena gue menyukai keindahan kata tersebut. Perhatikan bunyi P yang diikuti C lalu diakhiri double L. Seperti yang sudah gue bilang di post pertama gue. Gue ga peduli sama makna kata, karena kata-kata adalah indah apa adanya tanpa belenggu makna.

Pertanyaan terakhir dari anda: Lalu ngapain si Pangeran ini jadi tolol untuk capek-capek menjelaskan kisah si Aspanu dan si Turi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s